4 Teknologi Terbaik yang Akan Muncul di Tahun 2023

Antara beberapa negara ASEAN, Indonesia sebagai negara yang mempunyai jumlah komunitas paling besar dan diharap menjadi satu diantara negara dengan kemampuan ekonomi digital paling besar di dunia di tahun 2025.

Wabah COVID-19 sudah percepat perubahan service digital lebih dari yang diharap, menggerakkan mengembangnya bidang Tehnologi Info dan Komunikasi di Indonesia untuk pimpin kemajuan ekonomi di tahun 2022.

Menurut prediksi Tubuh Peraturan Pajak (BKF), bidang Tehnologi Info dan Komunikasi akan alami perkembangan sekitar 9,8 sampai 10,3 % di tahun 2022.

Di tahun kedepan, kita akan hidup di dunia di mana internet dan tehnologi semakin lebih punya pengaruh dibanding sekarang ini. Tehnologi digital secara fundamental sudah mengganti aturan hidup, kurangi jumlah saat yang diperlukan untuk menuntaskan pekerjaan serta mengganti langkah kita berhubungan dengan sama-sama.

“Di tahun 2021, ekonomi digital capai titik paling tinggi selama hidup walau ada di periode wabah. Saat perusahaan percepat perubahan digital mereka untuk mencapai konsumen setia, bisa ditegaskan jika perusahaan dan konsumen setia terus ikuti perubahan, rasakan pengalaman dengan jenama, lakukan transaksi bisnis, dan hasilkan penghasilan dalam ekonomi digital sekarang ini,” sebut Surung Sinamo, Country Manajer F5 Indonesia.

Selanjutnya, berikut ringkasan beberapa perkiraan tehnologi terbaik untuk tahun 2022:

1. Service mobile

Google, Temasek, dan Bain dan Company belakangan ini memberikan laporan jika Indonesia sebagai pusat ekonomi digital paling besar di dunia dan berpotensi untuk berkembang lewat pemakaian service digital.

Bersamaan dengan akselerasi konektivitas 5G di negara ini, beragam kesempatan usaha akan ada, terhitung adopsi digital yang bertambah luas dan peningkatan infrastruktur tehnologi yang semakin kuat.

BACA JUGA  Aplikasi Pembuat Permainan yang Bisa Anda Coba

Kenyamanan service mobile dan bangunnya selingan, terutamanya lewat piranti mobile, akan menggerakkan perkembangan konektivitas 5G bisa lebih cepat.

Di bulan Juni tahun 2021 lalu, Telkomsel sudah mengeluarkan service konektivitas 5G komersil pertamanya kali di sejumlah kota seperti Balikpapan, Medan dan Surakarta, dan meluaskan servicenya ke-5 kota yang lain.

Perusahaan telekomunikasi lain seperti Indosat Ooredoo sudah mempunyai konektivitas 5G di lima kota di Indonesia.

Di sejumlah lokasi sekarang ini, konektivitas 5G telah bekerja sepanjang beberapa waktu dan sebagai hasilnya, service mobile mulai akan mencapai semakin banyak pemakai.

Kedatangan handphone/handphone yang berada di mana saja sudah menjadi satu diantara equalizer, yang memampukan service yang awalnya tidak mungkin dilaksanakan.

Konektivitas 5G banyak memiliki faedah yang diharapkan, terhitung latensi yang lebih rendah, hingga mempermudah mekanisme untuk bereaksi secara cepat pada peralihan; capaian jaringan yang semakin kuat (khususnya dalam ruang); dan kenaikan throughput (yang hendak membuat signal streaming akan makin handal).

Dalam kurun waktu dekat, konektivitas 5G di Indonesia bisa menjadi daya perbaikan perekonomian, buka jalan untuk mendayagunakan usaha kecil dan menengah, mendidik bakat digital, dan memungkinkannya perubahan smart city.

2. Keamanan E-commerce

Besides better quality of cellular servis, transaksi bisnis digital dan e-commerce akan alami kenaikan besar, karena kenyamanan, keamanan, dan elastisitas yang dijajakan di tengah-tengah COVID-19.

Sekarang ini ada semakin banyak kesempatan untuk customer untuk lakukan pembelian lewat piranti mereka, dan ini diprediksikan bisa menggerakkan transaksi bisnis digital di Indonesia capai $37 miliar di tahun 2022.

Semakin bertambah warga yang telah memakai pembayaran digital dengan teratur, khususnya dengan ramainya program Buy Now, Pay Later (BNPL), yang munculkan keperluan akan keamanan transaksi bisnis secara online.

BACA JUGA  5 Pesepakbola yang Pernah Memakai Nomor Punggung 10 di FC Barcelona

Dengan begitu, bank akan tingkatkan konsentrasi mereka pada keamanan e-commerce untuk meminimalkan hacker dan penjahat jagat maya.

3. AI dan Cloud Computing

Gabungan konektivitas 5G dan AI akan berperanan dalam mengganti langkah hidup dan langkah kerja warga Indonesia. Salah satunya imbas yang paling berarti bisa terjadi di bagian peningkatan piranti lunak.

Pada tahun 2022, peningkatan piranti lunak yang disokong AI akan dilaksanakan, hingga ada penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin secara automatis.

Perubahan ini akan hasilkan produk piranti lunak yang bisa lebih cepat, lebih bagus, dan bisa dihandalkan.

Di dunia usaha, penyimpanan online cloud akan semakin berkembang lewat jalan keluar khusus. Jalan keluar ini memungkinkan cloud jadi jalan keluar alih bentuk gudang, restaurant, toko retail, dan ada banyak kembali.

Mereka akan sediakan infrastruktur yang diperlukan untuk manfaatkan tehnologi terkini seperti augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan machine learning (ML).

Management Multi-Cloud F5 memungkinkannya perusahaan untuk amankan dan memaksimalkan program mereka di cloud.

Bukan hanya management penyimpanan online, F5 Akun Protection datang untuk memblok penipuan secara real-time, memotong transaksi bisnis yang beresiko sekitar 50% untuk dilihat lewat mesin AI.

“Dengan timbulnya tehnologi, perusahaan lebih rawan pada pembobolan keamanan. Alat, ketrampilan, proses Tehnologi Info, dan kekuatan analitik mereka perlu dipertingkat lewat pemakaian AI dan management cloud,” papar Surung.

Cloud computing akan mainkan peran besar dalam menolong semua data yang ada dari piranti digital yang banyaknya semakin bertambah untuk jadi lebih gampang dimengerti. Disini edge computing berperanan.

Edge computing terjadi secara lokal dan tidak pada server jarak jauh. Kebalikannya, edge computing mengolah data dari aslinya. Semua pemrosesan dilaksanakan saat sebelum data melalui jaringan untuk kembali lagi ke tingkat cloud.

BACA JUGA  Berikut Tips dan Trik Hidup Sehat yang Harus Anda Ketahui

4. Kripto dan NFT

Cryptocurrency dan non-fungible tokens (NFT) terus akan tumbuh jadi lebih terkenal. Asset digital ini mempunyai potensi mengubah usaha dan ekonomi tradisionil.

Pada tahun 2022, kita bisa mengharap untuk menyaksikan pemakaian tehnologi ini lebih luas saat usaha dan pribadi mulai mengeksploitasi kekuatan mereka.

NFT sudah mengundang perhatian seniman dan kolektor Indonesia. Dalam sebuah cara yang mengidentifikasi revolusi berbasiskan blockchain untuk domain seni dan budaya lokal, bursa cryptocurrency Indonesia seperti Tokocrypto sudah membuat TokoMall, pasar token NFT multi-kategori pertama di Indonesia.

Sebagai jawaban Tokocrypto atas kemauan dan keperluan beberapa fans NFT, TokoMall dikeluarkan di bulan Agustus tahun 2021 kemarin.

Datang dengan 5 departemen, yakni Orisinal, Lifestyle, Creative, Stars, Game, and Sports, lis penjual paling atas di Tokomall diantaranya NeverTooLavish, I Love Indonesia, Banyan Core, Sang Juki, dan ada banyak kembali.

TokoMall berperan sebagai pasar yang memungkinkannya pemakai tersambung dengan jenama, aktris, game, team olahraga, pujaan, dan kolektor NFT yang lain dengan memakai token digital, TKO (Toko Token).